Selasa, 03 Mei 2016

TIPS MEMOTRET DI OUTDOOR

  Teknik memotret di luar ruangan sedikit berbeda dengan di dalam ruangan, karena, meskipun cahaya yang masuk banyak kita selalu mendapatkan foto yang bagus. apabila objek yang kita foto adalah manusia alias foto portrait.
  salah satu kendala saat memotret manusia/portrait objek terkena silau matahari sehingga mata mereka sering menyempit, dan bayangan gambar sering terlihat terlalu kuat di beberapa bagian saja. ada beberapa tips menghasilkan gambat yang bagus.

1. perhatikan pencayahayaan di lokasi pemotretan
    tata cahaya merupakan salah satu unsur penting dalam fotografi pelajari karakteristik cahaya di lokasi pemotretan. jika dirasa kurang mendukung disarankan untuk menunggu beberapa waktu.

2. mencoba berbagai kondisi cahaya
    setelah mempelajari karakteristik cahaya, selanjutnya bereksperimenlah dengan kondisi tata cahaya fotografi, jangan membuang-buang waktu  untuk menunggu waktu yang tepat.

3. perhatikan arah cahaya matahari
    cahaya matahari bisa menjadi teman dan musuh ketika memotret di luar lingkungan, anda harus tau juga dari mana arah cahaya matahari berasal.  dengan backlight dengan tepat jutru mendapatkan foto pencahayaan yang indah.

4. gunakan flash sebagai fill in
   bukan menjadi hal aneh ketika di outdoor di siang hari menggunakan flash fungsi flash digunakan di siang hari bisa untuk menghindari backlight disaat objek membelakangi sumber cahaya , flash akan bertugas sebagai fill in untuk menerangi objek yang tidak langsung terkena cahaya matahari. pada kesempatan seperti itu bisa memanfaatkan fitur kamera yang bernama flash compensation. dimana berfungsi untuk mengontrol intensitas cahaya yang keluar oleh flash built-in.

5. manfaat reflektor
    reflektor akan berfungsi untuk memantulkan cahaya kearah objek yang difoto untuk menerangi bagian yang terkena bayangan. prinsip refektor sendiri untuk memantulkan cahaya jadi apapun jenis dan bentuknya bisa kita jadikan sebagai reflektor.

6. memotret di tempat teduh
    dengan memotret di tempat teduh kita bisa menghindari bayangan kuat ke objek yang di foto. mesky di tempat teduh tapi usahakan tempat tersebut mendapatkan cahaya yang cukup hindari cahaya yang tidak rata jika memotret model di outdoor karena akan menimbulkan wajah mendapat separuh cahaya yang berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system