INKSCAPE
1. pengertian
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat bebas terbuka dibawah lisensi GNU GPL.
2. latar belakang
Inkscape dirintis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek
Sodipodi. Proyek sodipodi sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1999
dengan menggunakan dasar Gill (Gnome Illustration Application) karya
Raph Levien.
Fork tersebut dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mana ke-empat orang tersebut lebih mengenali perbedaan dari tujuan project tersebut, keterbukaan untuk pihak ketiga agar dapat berkontribusi, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking Inkscape.
Dengan Inkscape, mereka berpendapat fokus dan pengembangan untuk penerapan standar SVG dapat dilakukan secara lengkap, hal ini sedikit berbeda dengan pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah program editor grafik vektor seperti pada umumnya yang mengorbankan implementasi SVG.
Sejak dikembangkan dalam fork tersebut, Inkscape yang semula menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah menggunakan GTK+ toolkit C++ y (gtkmm), antarmuka inkscape kemudian dirancang ulang sehingga lebih mudah jika ingin menambahkan sejumlah fitur baru. Pennerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski sampai saat ini belum lengkap karena SVG sendiri sampai sekarang juga masih terus dikembangkan
Berita baik kemudian muncul setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme sebagai proyek Open Source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan Inkscape agar kedua proyek ini dapat saling berbagi kode. Tujuannya adalah sebuah proyek dengan koordinasi yang baik sehingga tercipta editor grafik open source yang lebih hebat dari editor grafik apapun.
Sejak tahun 2005 Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code, sebuah program yang dikembangkan Google. Sejak bulan November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam ke Sourceforge, namun pada tanggal 21 November 2007 para pengembang menyatakan akan memindahkannya ke Launchpad
Fork tersebut dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mana ke-empat orang tersebut lebih mengenali perbedaan dari tujuan project tersebut, keterbukaan untuk pihak ketiga agar dapat berkontribusi, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking Inkscape.
Dengan Inkscape, mereka berpendapat fokus dan pengembangan untuk penerapan standar SVG dapat dilakukan secara lengkap, hal ini sedikit berbeda dengan pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah program editor grafik vektor seperti pada umumnya yang mengorbankan implementasi SVG.
Sejak dikembangkan dalam fork tersebut, Inkscape yang semula menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah menggunakan GTK+ toolkit C++ y (gtkmm), antarmuka inkscape kemudian dirancang ulang sehingga lebih mudah jika ingin menambahkan sejumlah fitur baru. Pennerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski sampai saat ini belum lengkap karena SVG sendiri sampai sekarang juga masih terus dikembangkan
Berita baik kemudian muncul setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme sebagai proyek Open Source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan Inkscape agar kedua proyek ini dapat saling berbagi kode. Tujuannya adalah sebuah proyek dengan koordinasi yang baik sehingga tercipta editor grafik open source yang lebih hebat dari editor grafik apapun.
Sejak tahun 2005 Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code, sebuah program yang dikembangkan Google. Sejak bulan November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam ke Sourceforge, namun pada tanggal 21 November 2007 para pengembang menyatakan akan memindahkannya ke Launchpad
3. tujuan
Tujuan utama dari Inkscape adalah membuat perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
4. referensi
http://manual-inkscape.blogspot.co.id/2013/08/tentang-inkscape.html
5. kesimpulan
inkscape adalah pengganti corel yang lebih canggih dan ada dalam linuk, inscape juga lebih bagus, beserta tool-toolnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar