Kamis, 19 Mei 2016

HAL - HAL PENTING DALAM FOTOGRAFI

  ok kawan mari kita pelajari bersama mengenai hal penting apa saja yang harus di perhatikan dalam fotografi berikut ini :
  1. Pola Cahaya
      pola cahaya yang menimpa wajah subjek perlu di atur sedemikian rupa untuk menghadiri mood apa seperti yang kita mau. untuk mendapatkan pengaturan cahaya buatan yang sesuai kita akan membutuhkan partner untuk membantu peletakan dan berada pada posisi yang kita inginkan. berikut adalah pola cara yang wajib untuk di pelajari :
    
sama dengan namanya split atau membagi dua, dimana wajah sebelah kiri akan terkena cahaya sedangkan wajah sebelah kanan akan terkena shadow, jenis cahaya ini sering di manfaatkan untuk gambar yang dramatis seperti portrit, musisi atau artis mood yang di hasilkan oleh split lighting cenderung maskulin dan lebih cocok di gunakan untuk pria dari pada wanita. untuk mendapatkan split light letakkan sumber cahaya 90 derajat pada sebelah kiri atau kanan, sedikit di belakang kepala subjek, idealnya salah satu mata akan dalam posisi shadow jika posisi kepala subjek di putar posisi sumber cahaya harus mengikuti sehingga di dapatkan efek yang di inginkan.

   2. Rasio Cahaya
       rasio cahaya adalah perbandingan area terang dan gelap pada cahaya yang menimpa wajah. fotografer akan membutuhkan bantuan light meter untuk menentukan rasio atau perbandingan, misal :
  Rasio 1:1= maka area kiri wajah dan area kanan wajah akan sama terangnya
  Rasio 2:1= maka area kiri wajah 2x lebih terang di banding area kanan wajah
  Rasio 4:1= maka area kiri wajah 4x lebih terang di banding area kanan wajah
dan seterusnya, pengaturan rasio/perbandingan jumlah cahaya yang menimpa subjek perlu di pelajari lebih lanjut dalam bahasa yang lebih luas, karena berbeda rasio akan menghasilkan mood yang berbeda pula  dan berbeda pula peruntukannya.
 
    3. Bentuk Cahaya
        bentuk cahaya merupakan sumber cahaya yang diarahkan ke subjek yang di bagi dalam 2 jenis yakni
   1. hard light : yaitu sumber cahaya yang berbentuk kecil yang memiliki karakter kontras yang tinggi ( area gelap dan terang ) menonjolkan teksture, menambah drama. beberapa sumber cahaya hard light antara lain :
    a. sinar matahari : walaupun bentuk aslinya sangat besar, namun kita berada di tempat yang sangat jauh dan bisa disebut ecil sehingga cahaya yang menimpa cenderung keras
    b. lampu neon/pijar
    c. flash pop up serta speedlite( tanpa penambahan aksesori lain)
  2. Soft Light
      merupakan sumber cahaya yang berbentuk/ berukuran besar karakteristiknya adalah kontras yang rendah (perbedaan area terang dan gelap) tekture tidak tertonjolkan dan lebih datar/ tidak memperkuat drama.
 beberapa sumber cahaya soft lighting adalah : 
     a. langit saat mendung
     b. softbox studio berukuran besar
     c. reflektor berukuran besar seperti 42 atau 52 inci
     d. flash eksternal kamera yang di bouncing ke dinding 
  kedua bentuk cahaya tersebut membutuhkan pembahasan lebih jauh yang akan dihadirkan dalam posting berikutnya.

  4. Pemilihan Lensa
        lensa berpengaruh besar terhadap tampilan serta background. lensa wide angle misalkan akan menditorsi bentuk muka sehingga nampak seperti alien. karakteristik wide angle adalah memperpanjang/memperluas jadi untuk keperluan potrait sebaiknya menggunakan lensa dengan local lenght sesuai yakni antara 80-300 mm. pengaruh panjang focal tentu perlu di bahas lebih jauh seperti lensa tele yang memiliki karakter memperdekat sehingga subjek dan background tanpak sangat dekat padahal posisi aslinya cukup jauh. lensa dengan bukan apertur lebar sangat dianjurkan seperti f1.8 sehingga efektif untuk megisolasi subjek. lensa dengan jumlah blade lebih banyak juga dianjurkan karenabokeh yang di hasilkan lebih lembut karena berbentuk buat berbeda dengan lensa yang memiliki jumlah blade sedikit bokehnya akan sekotak-kotakan.

     5. Backgournd
       banckgournd merupakan area penting dalam gambar portrait dan sudah selayaknya mendapat perhatian ekstra. beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menghasilkan background yang menarik adalah :
        a. kontras
        b. warna-warna tajam yang kurang baik karena mampu mengalihkan perhatian
        c. apakah ingin di tampilkan tajam atau blur
        d. area terang yang dapat menarik perhatian sehingga fokus akan berpindah background untuk portrait hendaknya berwarna lembut dan tidak lebih terang daripada subjek portrait, di dalam ruangan tentu akan lebih mudah mengatur background namun di luar ruangan gambar akan nampak lebih attraktif. cobalah untuk bergeser atau merubah sudut pandang untuk mndapatkan background yang lebih menarik sehingga gamabr lebih baik.

  gambar diatas sebelah kiri menunjukkan background yang mengganggu dan sebelah kanan setelah sedikit mendapatkan perbaikan sehingga tampil lebih menarik bukan .

   6. Exposure
        mode manual dianjurkan agar exposure dapat diatur sesuka hati. untuk subjek diam kita bisa menggunakan single shot drive mode dengan ISO rendah agar area wajah tidak terekspos.

   7. Pose
      subjek atau client sangat sering nerves saat berpose di depan kamera, dan seringkali advis sangat dibutuhkan oleh mereka. paling tidak kita juga perlu menguasai cara komunikasi yang baik dan pose-pose dasar dalam fotografi tips pose pertama adalah bend it. yaitu tekuk area siku, apakah kai atau tangan bisa sedikit mengurangi kesan kaku. tips kedua adalah persempit bahu. saat subjek menghadap lurus ke kamera, bahu akan nampak lebar dan dengan sedikit mengurangi kesan kaku. tips kedua adalah persempit bahu, saat subjek miring bahu akan nampak lebih sempit dan tidak datar. memberikan mereka pegangan sepertikursi atau gitar atau bersandar di dinding bisa mengurangi rasa nerves

   8. Ekspresi 
      inilah kunci dari fotografi portrait dengan beberapa tips di atas namun minus ekspresi tentu gambar yang di hasikan akan tumpul. kabar buruknya adalah untuk mendapatkan ekspresi yang natural merupakan hal yang sangat sulit karena diperlukan komunikasi yang efektif antara subjek da fotografer. langkah awal adalah membuat mereka rileks dengan sedikit joke, atau biarkan mereka untuk bercerita tentang hal yang mereka sukai atau pengalaman mereka. kita bisa menggunakan bantuan tripod dan shutter release sedangkan kita aktif berbicara dan membuat subjek nyaman.


referensi : http://askthephotographer.com/2016/01/hal-hal-penting-dalam-fotografi-portrait/

 terimakasih kawan ,,, semoga bermanfaat ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system