Senin, 25 April 2016

CARA MERAWAT KAMERA DSLR YANG BENAR 
AGAR TERHINDAR DARI KERUSAKAN FATAL



berikut adalah beberapa cara merawat kamera untuk menghindari kerusakan yang fatal :
1. jauhkan dari kapur barus
    kapur barus termasuk benda perusak yang sangat ampuh terhadap kamera, kapur barus bisa merusak jalur pada PCB (printed circuit board ) yaitu tempat chip chip kamera terpasang dari beberapa elemen chip itu sendiri bahkan uap kapur barus itu juga dapat menodai dan bisa membuat flek pada lensa.  sebaiknya simpanlah kamera diruang kedap udara, sejuk dan kering. ingat !!  kerusakan kamera pada kapur barus biasanya tidak bisa diperbaiki lagi, maka jangan sekali-sekali menyimpan kamera di dalam almari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian.

2. hindari kontak langsung dengan sinar matahari
    jagalah kamera jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya.

3. jagalah dari goncangan yang berlebihan
    jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tas khusus kamera, guna menghindari goncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan taruhlah kameradi tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan.

4. bersihkan kamera dan lensa
    sebaiknya kamera di bersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. untuk bagian luar kamera gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar, sedangkan untuk bagian dalam dari elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. selain blower juga bisa digunakan kuas terserabut halus yang belum pernah dipergunakan pada benda yang lain . untuk membersihkan lensa yang terkena noda misalnya terkena jari yang berminyak atau keringat dari pemakai pakailah tissu khusus yang banyak dijual di toko.

5. hindari goresan pada lensa
    untuk menghindari goresan sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanen di bagian depannya. filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. sedangkan untuk menghindari goresan dibagian belakang lensa usahakan selalu memasang  bodycup penutup saat lensa di lepas dari badan kamera.

6. hindari air laut
    jika menggunakan kamera dipantai jagalah agar kamera tidak terkena air laut atau bahkan jatuh kedalamnya air laut menyebabkan karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lain. kecuali perangkat yang sudah dirancang khusus untuk ada dalam air laut. sehabis digunakan di daerah pantai pembersihan kamera wajib dilakukan sesegera mungkin uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir gamram yang menyebabkan karat pada kamera. jika suatu saat tanpa sengaja kamera tercebur kedalam air laut langsung rendam kamera kedalam air tawar kemudian bilaslah berkali-kali untk menghilangkan bekas-bekas air laut. proses pengrusaksn air laut berlangsung sangat cepat dan dalam hitungan menit setelah tercebur. sehingga bila pembilasan air dengan sesegera mungkin kamera yang tercebut kedalam air laut tak akan bisa diselamatkan seteelah dibilas hingga bersih dari air laut bawa segera ke ahli servis kamera untuk membersihkannya dan mengeringkan kamera tersebut.

7. service di tempat terpercaya atau resmi
    secara berkala dalam kurun waktu tertentu sebaiknya kamera digital di servis ketempat khusus , terpercaya dan malah lebih bagus yang resmi jangan tunggu kamera rusak dan baru di servis. servis yang dimaksud adalah servis besar yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian atau setelan-setelan utama kamera. jangan terlampau sering mencuci lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur kaca lensa begitu peka, makin sering di bersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar akan menurun. untuk menjaga dan merawatnya , sebaiknya jangan di simpan di lemari pakaian , karena hal itu akan berpotensi mengundang jamur yang menempel di lensa bagian dalam kamera.

8. simpan di tempat khusus
     buatlah rumah bagi kamera  contohnya :
  *  gunakan dengan media kaca fiber atau yang lain tapi jangan kayu
  * berbentuk kotak tertutup
  * beri pintu yang memberikan akses untuk keluar masuk dengan aman
  * alasnya bisa di beri kain, busa, , spon dan lain-lain
  * ukuran sesuai selera dan kebutuhan

9. agar terhindar dari jamur
   * beri silica gel , kira-kira 2 bulan di ganti
   * beli penyerap udara namanya serapair
   * rumah harus sejuk, kering dan kedap udara
   * pengguanaan lampu. gunakan lampu 5 watt dan letakkan pada jarak kurang lebih 40 cm di atas kamera.

10. pengaman LCD
    LCD kamera juga butuh pengamanan karena LCD kamera biasanya gampang gampang sekali tergores apalagi pada saat kita menjepret biasanya hidung dan pipi menempel di LCD yang membuat jadi burem dan berminyak. berikut yang perlu dilakukan :
  * membeli atat pelindung yang telah direkomendesikan untuk kamera dari pabrik
  * menggunakan plastik pelindung LCD hand phone

11. Pengaman Lensa
     gunakan filter pengaman lensa agar lensa bawaan terlindung dari debu dan goresan. beli di toko kamera namanya filter UV.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system